Ada dua
aturan penting dalam bisnis. Peraturan nomor satu: Buat atasan Anda terlihat
bagus. Peraturan nomor dua: Jangan lupakan peraturan nomor satu.
Jika Anda
dapat menguasai dua aturan di atas, Anda akan menjadi sangat berharga di mata
para petinggi di tim, departemen, kantor, atau organisasi Anda.
Para atasan terhadap para karyawan dengan
hasil kerja yang tidak sesuai harapan mereka. Seberapa mudah hidup Anda jika Anda dapat mengetahui apa yang ada dalam benak atasan Anda
dan tahu persis apa yang ia inginkan? Hal yang
diharapkan atasan Anda, beserta cara membuat hal ini terwujud:
1.
Menuntaskan pekerjaan
Atasan Anda
sebenarnya tidak peduli betapa sibuknya Anda, sangatlah mudah untuk menjadi
sibuk. Yang diharapkan atasan Anda adalah Anda mencapai target harian,
mingguan, atau bulanan Anda secara konsisten. Dalam dunia kerja, hasil menjadi
hal yang penting – jadi pastikan Anda memperolehnya setiap hari.
Cara untuk
mewujudkannya: Berpikir jernih dan fokus pada prioritas Anda. Jangan buang
waktu untuk hal-hal yang tidak penting – fokus pada tujuan utama Anda dan rekan
kerja Anda yang dapat diukur.
2.
Bertanggung jawab
Bertanggung
jawab berarti melakukan apa yang sudah Anda janjikan. Itu saja.
Bagaimana cara melakukan hal ini: Tepati janji Anda. Itu saja.
Bagaimana cara melakukan hal ini: Tepati janji Anda. Itu saja.
3. Bekerja
ekstra
Lakukan
lebih dari apa yang ada pada uraian pekerjaan dan jabatan Anda. Bekerja ekstra
merupakan langkah yang dapat membuat Anda begitu istimewa di mata atasan dan
memiliki reputasi yang hebat.
Cara
mewujudkannya: Temukan cara untuk memberikan nilai lebih dengan membantu rekan
kerja Anda menyelesaikan tugasnya. Hal ini tidak memerlukan kerja keras dan
bahkan akan memperlihatkan kualitas Anda jika dilakukan.
4. Lupakan
harga diri Anda
Anda tidak
harus selalu benar dan Anda tidak harus selalu dapat melakukan sesuatu dengan
cara Anda. Keberhasilan Anda berkaitan erat dengan keberhasilan tim Anda,
demikian pula sebaliknya. Peliharalah hubungan baik dengan mitra kerja Anda,
bekerjasamalah sebagai tim, dan bersikaplah baik.
Cara
mewujudkannya: Tentukan perang milik Anda dan terimalah bahwa selalu ada
kemungkinan tentang cara penyelesaian yang lebih baik daripada cara Anda
sendiri. Dan jangan takut untuk mengambil pilihan yang sulit karena pilihan
yang sulit memang jarang diambil oleh orang lain.
5.
Tinggalkan gosip
Tidak ada
yang lebih cepat tersebar di tempat kerja daripada gosip. Sayangnya, kebanyakan
dari kita tidak dibayar untuk gosip, sindiran, politik kantor, berita miring,
atau kabar angin. Atasan Anda ingin Anda fokus pada tugas pekerjaan yang
menjadi alasan Anda dibayar.
Cara
mewujudkannya: Menolak untuk terlibat dalam gosip kantor. Sampaikan kepada
rekan kerja Anda yang suka bergosip bahwa Anda tidak tertarik. Sikap diam dan
sedikitnya tanggapan Anda akan berbicara banyak. Ada pepatah lama: “. Siapa
saja yang bergosip dengan Anda akan menyebarkan gosip tentang Anda”.
6. Berikan
solusi
Anda pernah
mendengar hal ini: “Jika Anda bukan bagian dari solusi, Anda merupakan bagian
dari masalah.” Satu-satunya waktu yang dimiliki atasan Anda untuk mendengar
keluhan, masalah dan berita buruk adalah jika Anda juga mempunyai solusi mengenai
keluhan tersebut atau dapat membantu menilai situasi.
Cara
mewujudkannya: Paling tidak, bersiaplah untuk menawarkan beberapa saran untuk
memperbaiki masalah, kesalahan, atau kemacetan. Bagaimana Anda membingkai
sebuah masalah akan menjadi kunci. Gunakan ungkapan-ungkapan seperti, “Kita
bisa menganggap ini …” atau “Saya sudah bicara dengan pemasok dan mereka
menyarankan kita …”. Menawarkan solusi akan menunjukkan bahwa Anda telah
memikirkan situasi, dan ide Anda dapat menghasilkan solusi yang lebih baik.
7. H-O-R-M-A-T
Manajemen
perusahaan mengharapkan para karyawan untuk menghormati rekan kerja, kebijakan
perusahaan, prosedur, dan organisasi. Mereka percaya pada Anda – itulah
sebabnya Anda dipekerjakan – dan tidak ada cara yang lebih baik untuk
mengingatkan atasan Anda bahwa Anda adalah orang yang tepat yang menerapkan
standar dalam menghormati orang lain.
Cara
mewujudkannya: Mengakui dan menyadari bahwa setiap orang memiliki pendapat dan
perlu didengar. Tidak orang yang bergelimang ide cemerlang. Jadi, usahakan
untuk menghasilkan ide cemerlang sebanyak-banyaknya bersama rekan-rekan
untuk memajukan perusahaan. Hormati orang lain dan orang lain akan
menghormati Anda.
Ingatlah
bahwa melakukan tujuh hal di atas tidak memerlukan biaya atau waktu tambahan.
Pengetahuan adalah kekuatan dan sekarang Anda tahu benar apa yang atasan Anda
inginkan, sisanya terserah Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar