Selasa, 21 Oktober 2014

Rasa Jenuh dalam Pekerjaan....

Anda pernah merasa jenuh dengan pekerjaan yang selalu sama???
Bekerja secara terus menerus selama berjam-jam kerapkali membuat kamu dilanda kebosanan apalagi bila aktivitas dikantor monoton. Dan kamu adalah tipe orang yang dinamis. Setiap pekerja pasti pernah mengalaminya Untuk mengusir rasa jenuh yang semakin akut banyak hal yang dapat kita lakukan  agar kita lebih bersemangat dan nggak jenuh lagi. 

Setiap orang akan merasakan jenuh dalam pekerjaannya, alasan yang mendasar  ada 3 macam : 

1. Arah yang tidak jelas
Anda sudah berada di posisi kerja yang sekarang untuk sekian lama, tetapi tidak pernah ada kejelasan bagi anda kapan akan diangkat menjadi karyawan tetap atau mungkin akan naik jabatan. Anda berpikir jika anda sudah membuktikan diri secara maksimal, tetapi entah kenapa, selalu kolega – kolega anda yang mendapatkan proyek dengan high profile, perhatian dari big bos / atasan, serta promosi yang menggiurkan. Dalam situasi seperti ini, akan akan lebih bijaksana jika anda menera ulang / check kembali diri anda, untuk bisa mengerti halangan potensial apa saja yang mencegah anda untuk lebih maju secara profesional & maksimal. Suatu contoh, apakah Anda sudah memiliki kemampuan yang tepat untuk menangani sebuah tanggung jawab yang lebih, atau bisakah anda meningkatkan kemampuan utama / kunci? Apakah Anda sudah memiliki reputasi yang positif di tempat kerja? , dan apakah pernah ada permintaan atasan yang tidak sanggup Anda penuhi ? Atau bertabrakan dengan para kolega anda? Pernahkan atasan anda memberi tahu apa kelemahan anda ? dan adakah ada upaya dari diri anda untuk menanggulanginya? Mungkin Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu bisa membantu Anda menentukan langkah ke depan agar anda bisa merasa hidup dalam bekerja.

2. Pekerjaan yang Anda lakukan membosankan
Pada awal bekerja, Anda sangat mencintai variasi dan kecepatan kerja yang ada di hadapan anda. Tapi saat pekerjaan berulang datang, itu yang kadang membuat Anda ingin marah dan bahkan sedih, atau bisa jadi Anda sudah tidak lagi menikmati semua pekerjaan yang Anda kerjakan, dan ini sangat menyulitkan bagi anda untuk mencari tahu apa langkah selanjutnya. 

3. Kelelahan
Saat ini sepertinya ada banyak pergerakan yang membuat semua karyawan harus bisa multitasking. Anda pun juga jadi lebih sering pulang larut malam, mengerjakan tugas yg kadang anda rasa tidak rasional, tanggung jawab yg tinggi, tetapi tanpa bayaran yang setimpal. Meski pada awalnya tantangan yang diberikan membuat Anda bersemangat, tetapi lama kelamaan pekerjaan ekstra itu membuat anda mulai merasa tidak sebanding. Anda pun sudah mulai merasa kelelahan dengan tuntutan yang sangat tinggi dan tekanan monoton dari perusahaan dan Atasan Anda.


  • Bersyukur
Seringkali kita terfokus pada kekurangan- kekurangan yang ada di perusahaan tempat kita bekerja. Hindarilah mengeluh renungkan dan syukurilah segala aspek positif yang kita dapatkan. Misalnya rekan kerja dan lingkungan kerja yang menyenangkan. Atau bayangkan orang lain yang tidak seberuntung kita karena tidak mempunyai pekerjaan.
  • Lakukan hal hal baru
Kalau biasanya kita monoton saja. Cobalah melakukan perubahan baru setiap hari atau setiap minggunya. Seperti mengganti gaya penampilan kita ke kantor dengan gaya yang lebih fashionable. Atau menata meja kerja kita menghiasnya dengan elemen- elemen yang kita sukai. Contohnya menaruh figura photo keluarga atau kekasih tercinta. Menempelkan tulisan pesan – pesan dari orang terdekatmu. Atau bisa juga minta sang pacar untuk menuliskan kata-kata penyemangat dan pajang di meja kerja kita.
  • Lebih kreatif
Jangan hanya menunggu perintah- perintah dari atasan. Tapi perluaslah wawasan dan galilah ide- ide cemerlangmu. Perbuka wawasan dengan bersosialisasi dengan orang-orang disekitarmu baik atasan rekan kerja bawahan atau pekerja lain meskipun bukan satu divisi denganmu. Banyak hal yang bisa kamu gali dan pelajari dari mereka untuk menambah wawasanmu. Bikin target kerja yang jelas dan menantang. Ungkapkan ide-ide brilianmu. Berilah ‘hadiah’ atau ‘rayakanlah’ untuk dirimu sendiri jika kamu berhasil sehingga bisa lebih memacumu dalam bekerja.
  • Ciptakan suasana 
Ciptakan suasana positif dikantor disela pekerjaan yang membosankan.. ikuti obrolan dikantor dan lunturkan suasana kebosanan dengan humor atau candaan. Lakukan hal-hal yang menyenangkan dikantor karena sebagian besar aktivitasmu lebih banyak dihabiskan di kantor. (noe/noe)

  • Kenali Teman Kerja
Karena dengan begitu anda tidak merasa bahwa hanya ada anda sendiri,di mana teman bisa di ajak cerita tentang masalah anda.dan pada saat bosan di kantor anda dapat ngobrol/bincan-bincang dengan teman anda ,mungkin saat tugas kosong maupun jam makan siang.
  • Ganti Cara Kerja
Apabila biasanya anda bekerja hanya menunggu perintah atasan,maka rubahlah kebiasaan itu,dengan cara jika kita selesai mengerjakan tugas satunya mak segeralah minta tugas baru,dengan itu siapa tahu anda malah mandapatkan nilai plus dari atasan.
  • Berfikir Positif
Dengan berfikir positif anda dapat bekerja dengan lancar tanpa terlalu memikirkan beban hidup anda,misal atasan anda memerintahkan tugas yang tidak anda sukai,mungkin atasan anda mempunyai tujuan/maksud tertentu,itu semua demi kebaikan anda juga,karena setiap yang di lakukan oleh atasan anda sudah diperhitungkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar