Anda pernah merasa jenuh dengan
pekerjaan yang selalu sama???
Bekerja secara terus menerus selama
berjam-jam kerapkali membuat kamu dilanda kebosanan apalagi bila aktivitas
dikantor monoton. Dan kamu adalah tipe orang yang dinamis. Setiap pekerja pasti
pernah mengalaminya Untuk mengusir rasa jenuh yang semakin akut banyak hal yang
dapat kita lakukan agar kita lebih bersemangat dan nggak jenuh lagi.
Setiap orang akan merasakan jenuh
dalam pekerjaannya, alasan yang mendasar ada 3 macam :
1. Arah yang
tidak jelas
Anda sudah berada di posisi kerja
yang sekarang untuk sekian lama, tetapi tidak pernah ada kejelasan bagi anda
kapan akan diangkat menjadi karyawan tetap atau mungkin akan naik jabatan. Anda
berpikir jika anda sudah membuktikan diri secara maksimal, tetapi entah kenapa,
selalu kolega – kolega anda yang mendapatkan proyek dengan high profile,
perhatian dari big bos / atasan, serta promosi yang menggiurkan. Dalam situasi
seperti ini, akan akan lebih bijaksana jika anda menera ulang / check kembali
diri anda, untuk bisa mengerti halangan potensial apa saja yang mencegah anda
untuk lebih maju secara profesional & maksimal. Suatu contoh, apakah Anda
sudah memiliki kemampuan yang tepat untuk menangani sebuah tanggung jawab yang
lebih, atau bisakah anda meningkatkan kemampuan utama / kunci? Apakah Anda
sudah memiliki reputasi yang positif di tempat kerja? , dan apakah pernah ada
permintaan atasan yang tidak sanggup Anda penuhi ? Atau bertabrakan dengan para
kolega anda? Pernahkan atasan anda memberi tahu apa kelemahan anda ? dan adakah
ada upaya dari diri anda untuk menanggulanginya? Mungkin Jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan itu bisa membantu Anda menentukan langkah ke depan agar
anda bisa merasa hidup dalam bekerja.
2. Pekerjaan yang Anda lakukan
membosankan
Pada awal bekerja, Anda sangat
mencintai variasi dan kecepatan kerja yang ada di hadapan anda. Tapi saat
pekerjaan berulang datang, itu yang kadang membuat Anda ingin marah dan bahkan
sedih, atau bisa jadi Anda sudah tidak lagi menikmati semua pekerjaan yang Anda
kerjakan, dan ini sangat menyulitkan bagi anda untuk mencari tahu apa langkah
selanjutnya.
3. Kelelahan
Saat ini sepertinya ada banyak
pergerakan yang membuat semua karyawan harus bisa multitasking. Anda pun
juga jadi lebih sering pulang larut malam, mengerjakan tugas yg kadang anda
rasa tidak rasional, tanggung jawab yg tinggi, tetapi tanpa bayaran yang
setimpal. Meski pada awalnya tantangan yang diberikan membuat Anda bersemangat,
tetapi lama kelamaan pekerjaan ekstra itu membuat anda mulai merasa tidak
sebanding. Anda pun sudah mulai merasa kelelahan dengan tuntutan yang sangat
tinggi dan tekanan monoton dari perusahaan dan Atasan Anda.
- Bersyukur
Seringkali kita terfokus pada
kekurangan- kekurangan yang ada di perusahaan tempat kita bekerja. Hindarilah
mengeluh renungkan dan syukurilah segala aspek positif yang kita dapatkan.
Misalnya rekan kerja dan lingkungan kerja yang menyenangkan. Atau bayangkan
orang lain yang tidak seberuntung kita karena tidak mempunyai pekerjaan.
- Lakukan hal hal baru
Kalau biasanya kita monoton saja.
Cobalah melakukan perubahan baru setiap hari atau setiap minggunya. Seperti
mengganti gaya penampilan kita ke kantor dengan gaya yang lebih fashionable.
Atau menata meja kerja kita menghiasnya dengan elemen- elemen yang kita sukai.
Contohnya menaruh figura photo keluarga atau kekasih tercinta. Menempelkan
tulisan pesan – pesan dari orang terdekatmu. Atau bisa juga minta sang pacar
untuk menuliskan kata-kata penyemangat dan pajang di meja kerja kita.
- Lebih kreatif
Jangan hanya menunggu perintah-
perintah dari atasan. Tapi perluaslah wawasan dan galilah ide- ide cemerlangmu.
Perbuka wawasan dengan bersosialisasi dengan orang-orang disekitarmu baik
atasan rekan kerja bawahan atau pekerja lain meskipun bukan satu divisi
denganmu. Banyak hal yang bisa kamu gali dan pelajari dari mereka untuk
menambah wawasanmu. Bikin target kerja yang jelas dan menantang. Ungkapkan
ide-ide brilianmu. Berilah ‘hadiah’ atau ‘rayakanlah’ untuk dirimu sendiri jika
kamu berhasil sehingga bisa lebih memacumu dalam bekerja.
- Ciptakan suasana
Ciptakan suasana positif dikantor
disela pekerjaan yang membosankan.. ikuti obrolan dikantor dan lunturkan
suasana kebosanan dengan humor atau candaan. Lakukan hal-hal yang menyenangkan
dikantor karena sebagian besar aktivitasmu lebih banyak dihabiskan di kantor.
(noe/noe)
- Kenali Teman Kerja
Karena dengan begitu anda tidak
merasa bahwa hanya ada anda sendiri,di mana teman bisa di ajak cerita tentang
masalah anda.dan pada saat bosan di kantor anda dapat ngobrol/bincan-bincang
dengan teman anda ,mungkin saat tugas kosong maupun jam makan siang.
- Ganti Cara Kerja
Apabila biasanya anda bekerja hanya
menunggu perintah atasan,maka rubahlah kebiasaan itu,dengan cara jika kita
selesai mengerjakan tugas satunya mak segeralah minta tugas baru,dengan itu
siapa tahu anda malah mandapatkan nilai plus dari atasan.
- Berfikir Positif
Dengan berfikir positif anda dapat
bekerja dengan lancar tanpa terlalu memikirkan beban hidup anda,misal atasan
anda memerintahkan tugas yang tidak anda sukai,mungkin atasan anda mempunyai
tujuan/maksud tertentu,itu semua demi kebaikan anda juga,karena setiap yang di
lakukan oleh atasan anda sudah diperhitungkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar